Cara Mendeteksi Kamera Pengintai yang Tersembunyi

Kecanggihan teknologi sekarang ini khususnya kamera yang semakin banyak jenisnya membuat kita harus selalu berhati-hati dan waspada. Berbagai jenis kamera diciptakan setiap hari mulai dari kamera DSLR, CCTV, sampai kamera tersembunyi yang biasa digunakan oleh aparat keamanan atau orang-orang yang tidak bertang gungjawab untuk keuntungan pribadinya. Keberadaan kamera tersembunyi sesung guhnya sangat baik jika digunakan dengan benar, contohnya untuk mengawasi rumah atau gedung perkantoran dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti pencurian dan sebagainya.

Cara Mendeteksi Kamera Pengintai yang Tersembunyi

Penyalahgunaan perangkat tersebut sering terjadi oleh sebagian orang yang tidak bertanggungjawab untuk melakukan hal-hal yang tidak benar, seperti mengintip orang yang sedang ganti pakaian atau bahkan untuk merekam tanpa ijin aktifitas orang lain. Apalagi ketika kita berlibur atau melakukan perjalanan bisnis, Anda akan menginap di sebuah hotel, tapi Anda tidak tahu apakah Anda sedang diintai kamera tersembunyi atau tidak.

Semoga Anda selalu lebih berhati-hati dan waspada, terutama saat Anda masuk di kamar mandi atau toilet umum, ruang ganti baju di toko baju, mall, atau kamar hotel. Waspadalah, terutama bagi ibu-ibu dan para remaja putri. Sekarang ini banyak sekali kamera tersembunyi atau spycam dengan aneka ragam bentuk yang diletakkan di tempat-tempat tersebut dan tersembunyi.

========
========

Di artikel kali ini kita akan membahas beberapa tips bagaimana mendeteksi keberadaan kamera tersembunyi di sebuah ruangan sehingga kita bisa terhindar dari perbuatan iseng orang lain. Ukurannya yang sangat kecil membuat kita tidak bisa mengetahui keberadaannya, apalagi jika kamera tersebut ditempatkan di lokasi tersembunyi atau tidak terduga seperti di dalam jam dinding atau di balik lampu kamar.

Cek Kamera Tersembunyi di dalam Kamar Hotel 


Bila Anda sudah masuk ke dalam kamar Anda, matikan lampu kamar, dan tutup semua tirai, buka kamera ponsel Anda, jangan menyalakan lampu flash. Arahkan kamera ke seluruh ruangan, ketika titik merah ditemukan, itu berarti bahwa ada kamera tersembunyi terpasang. Jika tidak ada titik-titik merah, berarti ruangan itu aman.

Cara Mendeteksi Kamera Pengintai yang Tersembunyi

Cek Kamera Tersembunyi di Ruang ganti / Toilet 


Misalkan di tempat ganti baju atau toilet, coba lakukan panggilan telepon. Kalau tidak bisa, kemungkinan ada kamera tersembunyi. kamera tersembunyi yang didesain sekecil mungkin menggunakan perangkat tertentu bisa mengganggu sinyal telepon seluler di dekatnya. Dengan demikian, jika memang saat sudah dicoba menelepon tetapi tidak bisa, lebih baik menuju tempat atau ruangan lain.

Cara Mendeteksi Kamera Pengintai yang Tersembunyi

Mudah bukan? tapi jangan salah, terkadang hal sepele seperti ini justru sangat membantu kita terhindar dari perbuatan iseng orang yang tidak bertanggung jawab. Kita tidak bisa menjamin privasi kita akan terlindungi dengan baik atau tidak, tapi kita bisa mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan dengan tips sederhana di atas.

Demikian Cara Mendeteksi Kamera Pengintai yang Tersembunyi mudah-mudahan bermanfaat, terima kasih.

Referensi : izinshare.com