Jenis Sniper Paling Mematikan di Dunia




Sejarah Sniper/Penembak Jitu

Salah satu awal munculnya penembak jitu adalah dalam Revolusi Amerika. Kompi senapan Amerika, yang dipersenjatai Pennsylvania/Kentucky Long Rifle, menjadi prajurit dalam Tentara Kontinental. Karena keakuratan prajurit-prajurit ini, banyak perwira Inggris yang harus mencopot lambang perwira mereka, agar tidak dijadikan target.
Pemakaian awal penembak jitu lainnya adalah pada Angkatan Darat Inggris di era Napoleon. Ketika itu, tentara lain lebih banyak menggunakan musket yang tidak akurat, tapi Green Jackets Inggris menggunakan senapan Baker yang terkenal. Dengan alur khusus di dalam larasnya, senapan ini jauh lebih akurat, walau pengisiannya lebih lama. Para pemakai senapan ini termasuk tentara elit Inggris, dan menjadi garis depan yang diandalkan pada banyak pertempuran.

Penembak jitu juga dipakai pada Perang Saudara Amerika. Penembak jitu ini digunakan oleh kedua pihak yang berperang. Prajurit elit ini terlatih dan dipersenjatai dengan baik, dan juga ditempatkan di garis depan sebagai yang pertama melawan musuh.

Perkembangan teknologi yang terus berkembang hingga terciptanya berbagai jenis senjata sniper yang sangat canggih dan mematikan, diantaranya yaitu : 

1.Barrett M82




Senapan ini di rancang oleh Ronnie Barrett, Ronnie sebelumnya berprofesi sebagai fotografer, tetapi sekarang menjadi ahli senjata yang terkenal. Sekarang ini Beliau mendirikan sebuah perusahaan senjata BARETT. Asal usul senapan ini adalah pada saat Ronnie mengutak-ngatik senapan rancangannya di garasi rumahnya, dan hasilnya adalah senapan ini. Ukuran senapan ini panjang, besar, dan berat. Ukurannya sesuai dengan ukuran pelurunya, yaitu .50 Inchi/ 12,7mm. Peluru ini adalah peluru kelas berat yang di gunakan oleh M2, atau Browning .50. Di ketahui bahwa kaliber .50 digunakan pada senapan mesin berat, dan memiliki daya hantam yang sangat kuat, tentu disertai daya penetrasi yang sangat laju. Senapan ini sebenarnya tidak terlalu terkenal pada awal produksi, tetapi pada beberapa saat mendatang tiba-tiba senapan ini menjadi sangat populer dikalangan militer.


Barrett M82 (M82, dikenal juga dengan "Light Fifty" karena menggunakan kaliber .50 MBG) adalah senapan anti materiel recoil-operated, semi otomatis menggunakan peluru kaliber .50 BMG (12,7 mm) yang dikembangkan oleh Barrett Firearms Manufacturing asal Amerika. Senapan ini dibuat dalam dua varian yaitu versi asli M82A1 dan M82A3, M82A2 adalah versi bullpup dan sudah tidak diproduksi, varian bullpup ini diganti oleh XM500.


Kaliber:.50BMG/12,7x99mm
Type: Anti Material Sniper
Firing Mode: Semi auto
Barrell: 20 inch, 29 inchi
Weight: 14 kg(29 inch barrell)/13,5kg (20 inch barrell)
Magazine capacity: 10 rounds
Muzzle velocity: 854m/s
Effective range: 1800m

2.VSK 94



VSK-94 adalah sebuah senapan runduk (sniper rifle) berperedam suara yang dikembangkan oleh KBP Instrument Design Bureau asal Rusia sebagai pilihan yang lebih murah dari senapan runduk VSS Vintorez, senapan ini dibuat berdasarkan senapan serbu karabin 9A-91. Peluru yang digunakan adalah kaliber 9 x 39 mm yang efektif melumpuhkan sasaran dalam jarak 400 meter. Magazen box dengan kapasitas 20 butir dapat diisi dengan peluru 9 mm PAB-9 dengan kemampuan armor piercing dan juga peluru standar SP-5 dan SP-6.

Menggunakan mekanisme gas rotating-bolt. Bahan receiver terbuat dari baja tempa, popor bentuk rangka dari polimer yang menyatu dengan pegangan pistol, dan bagian forearm yang terbuat dari bahan sintetis. Bidikan besi lipat dan bidikan optik dengan kemampuan 4x zoom merupakan standar bagi senapan ini, bidikan besinya diambil dari senapan serbu 9A-91. Laras berulir didesain untuk dapat dipasangi peredam suara. Penggunaan senapan ini masih terbatas dalam beberapa badan penegak hukum di Rusia.

Tipe: Senapan runduk
Negara asal: Rusia
Masa penggunaan: 1994 - sekarang
Perancang : KBP Instrument Design Bureau Tahun 1991
Produsen : KBP Instrument Design Bureau
Diproduksi: 1994 - sekarang

Spesifikasi:
Berat: 2,8 kg (6,17 lb)
Panjang: 932 mm (36,7 in)
Lebar: 83 mm (3,3 in)
Tinggi: 280 mm (11,0 in)
Peluru: 9 x 39 mm
Mekanisme: Operasi gas, rotating bolt
Rata² tembakan: 700 - 800 peluru/min
Jarak efektif: 50 - 400 meter
Jarak jangkauan: 400 meter
Amunisi: Magazen box isi 20 butir
Alat bidik: Bidikan optik dan bidikan besi


3.SVD (DRAGUNOV)



Senapan Runduk Dragunov adalah senapan semi-otomatis yang dirancang untuk sniper elite atau penembak jitu.jarak efektif dari peluru SVD adalah 800 m.Jarak sebenarnya dari peluru SVD adalah 1.300m. Senapan semi-otomatis penembak jitu yang dirancang oleh Evgeniy Fedorovich Dragunov di Uni Soviet pada tahun 1958 sampai 1963. 

Senapan ini adalah senapan pertama yang dibuat khusus untuk penembak jitu, dan lazim ditemukan di negara-negara mantan Blok Timur, negara-negara pecahan Uni Soviet, Timur Tengah, dan negara-negara lain yang berhubungan baik dengan Uni Soviet/Rusia seperti India, Vietnam, dan Venezuela. Senapan ini juga diproduksi lokal di India, China, dan Iran. Senapan ini merupakan senapan yang dibuat khusus untuk memenuhi kriteria yang sekarang dinamakan "senapan penembak jitu".

Sistem operasi senapan ini adalah semi-otomatis dengan menggunakan gas dorong bertekanan pendek dan ruang gas memiliki regulator manula dua posisi. SVD menggunakan kaliber 7.62x54 R standar. Senapan ini handal dalam segala kondisi dan memang dibuat untuk tugas berat. Daya tahannya hampir bisa disetarakan dengan AK-47.

Senapan SVD terus dimodernisir oleh pabrik Izhmash dengan menghilangkan lightening cuts (peredam cahaya) pada kedua sisi receiver. Dengan cara tersebut ternyata senapan lebih efektif dalam menggunakan amunisi dengan tekanan yang lebih tinggi. Berikut beberapa Variannya :

- RUSIA:
Snayperskaya Vintovka Dragunova Skladnaja (SVDS): versi Linud, dikembangkan pada 1980an. SVDS memiliki popor tubular metal yang dapat ditekuk ke kanan. Pada posisi popor terlipat, senapan tidak dapat ditembakan, panjang laras 590mm.
SVU: versi bullpup dari SVD dengan laras 520mm, dilengkapi bipod dan flash/sound suppressor.
SVU-A (SVU dengan kemampuan selective fire).
Dragunov Tiger: versi sipil dari SVD.

- CHINA
Type 79: Tiruan SVD buatan Norinco.
Type 85: Penyempurnaan dari Type 79.
NDM-86: Versi ekspor, tersedia dalam kaliber .308 Winchester atau 7.62x54R.

- IRAK
Al-Kadesiah: SVD versi Iraq

- POLANDIA:
SWD-M: versi modernisasi dengan laras yang lebih berat, bipod, scope PCO LD-6x42.


4.CHEYTAC M200



CheyTac Intervention (M200 Intervention .408) adalah senapan runduk bolt-action buatan perusahaan produsen senapan CheyTac LLC asal Amerika Serikat, dibuat berdasarkan senapan runduk EDM Arms Windrunner. Senapan ini dibuat untuk melumpuhkan "sasaran empuk" (soft target, sasaran kendaraan, tempat tinggal, manusia) menggunakan amunisi peluru .408 Chey Tac atau .375 Chey Tac kedalam magazen kapasitas isi tujuh butir. Jangkauan maksimal adalah 2.300 meter atau setara dengan 2.500 yard.

Cheyenne Taktis M200 Intervensi adalah high end senapan sniper (biasanya disebut sebagai CheyTac M200). Hal ini bilik untuk kedua .408 Chey Tac atau .375 Chey Tac (kedua kaliber kustom eksklusif dibuat oleh Cheyenne Taktis). The CheyTac M200 dirancang untuk mengisi kebutuhan besar senjata sniper kaliber yang memiliki balistik yang lebih baik dan elemen desain dari persembahan di .50 BMG di pasar. The CheyTac M200 memenangkan rekor dunia (Februari 2006) untuk kelompok terbaik di kejauhan, menempatkan 3 peluru dalam 16-5 / 8 inci (42.2 cm) di 2321 meter (2122 m). The M200 juga datang dalam versi Carbine juga.

Kaliber:. 408
Rentang yang efektif: Meter 2500 Ditambah
Aksi: CheyTac Panjang Aksi 40 MOA Basis
Barrel: 29 "1: 13 Putar
Pemicu: Adjustable Pertandingan
Saham: Adjustable
Bipod: Termasuk
Majalah: 7 putaran dilepas kotak mag
Berat: lbs 31

5.L115A1/AWMAGNUM



Senapan runduk AWM (Arctic Warfare Magnum) diproduksi oleh Accuracy International sebuah perusahan senjata Inggris tepatnya di Portsmouth, Hampshire, England. Senapan ini juga dikenal dengan nama AWSM (Arctic Warfare Super Magnum) menggunakan peluru .338 Lapua Magnum.

Senjata ini menggunakan magazen box berisi lima butir peluru tipe .338 Lapua Magnum dan .300 Winchester Magnum. Jarak efektif dari masing-masing peluru untuk .300 Winchester magnum 1.100 m dan untuk peluru .338 Lapua Magnum 1.400 m.

Alat bidik standar menggunakan alat bidik teleskop buatan perusahaan Jerman yang secara khusus memproduksi alat bidik optik Schmidt & Bender dengan tipe Schmidt & Bender PM II 10x42/MILITARY MK II 10x42 dengan 10 kali kemampuan zoom. Senapan ini dapat memakai bidikan tipe lain buatan dari Schmidt & Bender atau buatan Carl Zeiss yang digunakan oleh militer Jerman dan Rusia



6.DSR-1




DSR-1 adalah senapan runduk bolt-action bullpup asal Jerman menggunakan amunisi peluru .308 Winchester.


7.SPR-3



PINDAD SPR 3 senapan sniper dirancang sebagai senapan yang didedikasikan untuk memberikan jaminan akurasi, kemudahan pemeliharaan, keandalan dan ketahanan militer. Ada tembakan tunggal, tindakan baut senapan dengan penglihatan optik dan malt baffle muzzle brake untuk mengurangi kekuatan hentakan. Stok gagang lipat tersedia sebagai pilihan untuk pendek dan panjang. Varian SPR 3 dengan peredam termasuk amunisi subsonic. Biasanya sistem ditujukan untuk penglihatan teleskopik 10x5, penglihatan malam yang dapat digunakan dengan kedua senapan. Digunakan untuk tentara Indonesia.

Senapan Sniper ini adalah produk dalam negeri(indonesia). Senapan ini menggunakan amunisi 7,62mm NATO. Jarak efektif tergantung jenis peluru, apabila menggunakan tipe AP (armor piercing), maka akan menempuh plat baja setebal 2mm dengan jarak 500m.

Dibandingkan kemampuan relatif sama dengan pendahulunya. Namun SPR 3 mampu menembus lapis baja hingga ketebalan 3cm. SPR 3 ini menggunakan amunisi kaliber 7,62 mm. SPR 3 dihargai sekitar 12.000 USD.